Jenis – Jenis Investasi Emas dan Keuntungannya

Spread the love

Emas adalah logam mulia yang lumayan diminati oleh banyak masyarakat. Bagaimana tidak? Dengan tampilan yang menarik, membuat perhiasan satu ini sukses memikat perhatian banyak orang sebab dikenal sebagai barang investasi dengan kepastian bahwa akan memberikan keuntungan untuk  para pemiliknya.

Investasi Emas

Tidak mengherankan, sebab investasi emas mempunyai keuntungan utama di mana kecenderungan harganya yang selalu naik dari tahun ke tahun. Hal ini jelas akan memberikan keuntungan untuk  para pemiliknya, khususnya jika selisih harga beli dan harga jual nya lumayan  besar.

Bukan menjadi rahasia umum jika masyarakat menjadikan emas sebagai salah satu format investasi untuk dipetik hasilnya di masa yang akan datang. Berbagai bentuk emas begitu diminati, seperti bentuk emas perhiasan, emas dinar, dalam bentuk batangan, dapat juga simpanan emas yang kegunaannya untuk pendanaan pendidikan, biaya kesehatan, untuk keperluan biaya naik haji, bahkan untuk melakukan pembelian  rumah.

Jenis-jenis Investasi Emas yang bisa dipilih

Sebelum menyimpulkan  untuk melakukan investasi, usahakan  kenali dulu jenis-jenis emas yang dapat  dipilih. Berikut sejumlah  jenisnya untuk anda pahami dahulu.

  1. Emas Batangan

Emas batangan termasuk  dalam investasi emas yang paling  aman sebab sifatnya tetap dan tidak berubah. Emas batangan ini sifatnya paling mudah dipasarkan kembali terutama jika anda sedang memerlukan uang dalam masa-masa mendesak. Emas batangan tergolong  investasi yang sangat menguntungkan baik guna  jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Emas Perhiasan

Jenis yang kesatu yakni perhiasan emas. Emas perhiasan tidak sedikit dipilih sebab tidak terus menjadi benda investasi emas saja, tetapi juga dapat dipakai fungsinya secara langsung, yaitu sebagai perhiasan. Tidak heran jika emas perhiasan banyak digemari kaum hawa. Emas perhiasan ini adalah investasi jangka panjang yang memberi keuntungan.

  1. Sertifikat Emas

Tidak terus memanfaatkan emas fisik saja, tetapi anda juga dapat berinvestasi dalam bentuk sertifikat emas. Sertifikat emas adalah sertifikat sah atau resmi yang menunjukan bahwa anda mempunyai tabungan emas di sebuah bank tertentu. Sertifikat emas bisa menjadi pilihan  investasi yang menguntungkan untuk anda.

  1. Koin Emas

Di samping dalam format batangan dan perhiasan, koin emas juga adalah pilihan untuk  yang ingin melakukan investasi dengan logam mulia emas. Secara umum perbedaannya koin emas tidak begitu jauh dibandingkan dengan investasi emas lainnya. Logam mulia ini relatif aman dari gejolak inflasi dan dapat  mengikuti nilai mata uang asing.

Keuntungan Memiliki Investasi Emas

  1. Bebas Pajak

Tidak terdapat pajak berbeda dengan memiliki saham pada sebuah perusahaan tertentu. Keuntungan yang didapat dari investasi yang baik pada sebuah perusahaan tidak kemudian  langsung dinikmati oleh semua  pemegang saham perusahaan tersebut. Karena, mendapatkan deviden ini terkadang juga diikuti dengan adanya pajak atau terkadang bentuk keuntungan itu  bukanlah dalam bentuk uang tunai tetapi tambahan lembar saham perusahaan. Memiliki emas sebagai barang investasi adalah pilihan yang tepat bila anda mengharapkan investasi bebas pajak.

  1. Sifatnya yang Mudah Dicairkan

Keuntungan pertama  yang lumayan menggiurkan dalam berinvestasi, pasalnya bentuk dan jenis investasi lain mempunyai  kecenderungan sifat yang lebih susah untuk dicairkan atau hanya dapat diklaim  pada saat tertentu saja. Berbeda halnya dengan investasi emas yang memberikan keluasaan untuk  para pemegang investasi ini untuk dapat mencairkannya ke dalam bentuk uang tunai dengan waktu yang relatif mudah dan waktu yang relatif singkat saja serta lebih luwes  dari pada jenis investasi lainnya.

  1. Melindungi Nilai Kekayaan

Nilai Uang dengan kecenderungan nilainya yang bertambah  dari tahun ke tahun, maka emas sangat sesuai  bila dinamakan  sebagai investasi yang paling dapat  melindungi nilai kekayaan seseorang. Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan seseorang dapat digambarkan  dari harganya yang selalu stabil dan cenderung mengalami kenaikan, sehingga ketika dipasarkan  kembali, pemegang investasi emas ingin mendapatkan hasil balik yang lebih tinggi. Kelebihan laindari investasi emas ialah anda tidak perlu melakukannya dalam jumlah besar, seperti membelinya dalam bentuk perhiasan. Yang tentu saja Investasi ini mempunyai segudang  keuntungan lain yang dengan profit yang menggiurkan. Maka tidak heran bila sekarang  terdapat banyak  toko emas bermunculan untuk menarik minat masyarakat sehingga mereka yang hidup pada level ekonomi menengah ke bawah, yakni dengan cara menjual jenis emas muda yang harganya lumayan  terjangkau dibandingkan  dengan emas tua.

Meski begitu, masing-masing jenis investasi tidaklah sempurna. Di balik keuntungan dan manfaat yang lebih yang terdapat pada investasi emas, tetap saja terdapat sejumlah kelemahan yang mungkin tidak cukup atau jarang diketahui oleh banyak orang. Salah satunya ialah risiko penipuan berkedok investasi emas yang dilaksanakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab yang berani menyerahkan sebuah nama perusahaan besar dan menyerahkan promosi gencar untuk mengambil atau menarik hati semua calon investor yang juga sebenarnya adalah calon korban penipuan.

Kelemahan Investasi Emas

  1. Harganya Fluktuatif

Meski kecenderungan harga emas sering kali meningkat, tetapi peningkatan tersebut tidak sering terjadi setiap hari dan bukanlah suatu kejadian yang memakan sedikit waktu. Disebut mempunyai  kecenderungan penambahan  harga emas sebab tinjauannya dilakukan dalam waktu beberapa tahun. Emas pun juga terkadang mengalami penurunan harga jual walau tidak jarang mengalami kenaikan. Perubahan harga emas yang tidak jarang ini berpotensi mempersulit investor emas untuk dapat menghitung nilai investasi emas yang anda miliki di masa mendatang. Mungkin sejumlah investor akan mengambil nilai tengah dari sebuah ketidak tetapan harga emas per gram untuk menghitung nilai investasinya di masa depan dengan suku bunga tertentu.

Hal ini mungkin tidak akan berpengaruh banyak terhadap investor dengan investasi emas yang jumlahnya tidak terlalu luar biasa namun akan lumayan menjadi pertimbangan yang berat berhubungan dengan harganya yang fluktuatif untuk investor dengan jumlah investasi emas yang dapat dikatakan banyak. Jadi bila anda berencana mempunyai investasi emas dalam jumlah besar, pertimbangkan hal  fluktuasi harga emas.

  1. Risiko Kehilangan Yang Cukup Tinggi

Inilah risiko yang mesti dihadapi oleh investor emas, khususnya  yang menjadikan emas dalam bentuk perhiasan yang keseharian digunakan. Risiko ini hadir dari perampokan yang barangkali terjadi khususnya bila perhiasan yang dipakai  cukup banyak  atau mencolok.

Investasi emas dalam format batangan dengan jumlah yang cukup banyak juga rawan dengan risiko ini. Maka untuk menjaga aset mereka, pemegang investasi emas biasanya mau untuk membayar banyak dana untuk mencarter safe deposit box yang merupakan kemudahan sebuah bank guna menyimpan berkas maupun barang kepunyaan nasabah yang dirasa mempunyai nilai yang lumayan tinggi. Dengan keuntungan yang dirasa lumayan tinggi, investasi ini pun taidak lepas dari risiko yang tidak rendah pula. Perlunya mempertimbangkan lebih lanjut tentang  investasi ini bila anda tidak yakin dengan lingkungan sekitar yang merupakan ancaman untuk  investasi Anda.

  1. Dampaknya Sangat Kecil Terhadap Ekonomi Riil

Memiliki investasi emas tidak bisa memberikan kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi secara riil. Hal ini diakibatkan bahwa keuntungan yang dimiliki ingin digunakan untuk kepentingan individu investor meskipun sejumlah diantara investor emas memakai keuntungan investasi ini untuk keperluan pembelanjaan yang mana pembelanjaan atau konsumsi pun sebagai indikator perkembangan ekonomi.

Berbeda urusan bila investor memiliki /mempunyai investasi dalam format saham perusahaan. Keuntungan yang didapat adalah akar dari keuntungan perusahaan, yang mana keuntungan ini akan dipakai kembali oleh perusahaan sebagai investasi lagi atau dipakai untuk membiayai jalannya roda perusahaan untuk  dapat memproduksi produk yang lebih banyak dan lebih baik.

  1. Investasi Dengan Jangka Panjang

Jelas Investasi emas bukanlah pilihan yang cocok untuk investor yang mengharapkan  keuntungan dalam waktu yang cepat. Fluktuasi harga emas yang lumayan besar tidak dapat  menjamin investor akan mendapatkan keuntungan besar dalam masa-masa singkat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kecenderungan harga emas naik adalah proses yang lumayan  lama, dengan kata lain untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang tinggi tidak dapat  dilakukan dalam waktu yang singkat.

Fluktuasi harga emas ini juga tidak sedikit dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang nasional terhadap mata uang asing yang sekarang menjadi pembicaraan hangat sebab disinyalir akan  menyerupai dengan kejadian tahun 1998 dimana US$1 setara dengan Rp 17.000. Penyebab lainnya adalah kondisi keuangan  masyarakat di sebuah wilayah tertentu, contohnya  Indonesia.

Ketika masyarakat sedang dalam kondisi keuangan yang baik, investasi beda yang menjanjikan deviden lebih tinggi dalam waktu lebih singkat seperti investasi saham perusahaan tampak lebih unik dan menjanjikan. Pada akhirnya, investasi emas mulai ditinggalkan.

  1. Harganya Cenderung Melambat Ketika Kondisi Ekonomi Stabil

Inilah yang menjadi kenyataan sekaligus ironi. Harga emas akan mengalami peningkatan saat  kondisi ekonomi dalam suasana yang tidak stabil. Bisa jadi dalam waktu ini terjadi inflasi yang menyebabkan eskalasi dan juga penurunan harga emas.

Bila inflasi terjadi jauh lebih tinggi dari pada estimasi atau perkiraan masyarakat, tidak menutup kemungkinan bisa jadi bahwa harga emas akan jauh lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya. Bila terjadi situasi ekonomi yang tidak stabil, emas dijadikan sebuah pilihan  teraman untuk menyelamatkan kekayaan investor.

Alasan Mengapa Memilih Emas sebagai Investasi Pilihan

Sebelum menilai jenis investasi yang akan dipilih, usahakan memperhatikan sejumlah  pertimbangan seperti keamanan, tingkat imbal hasil, sampai risikonya. Memilih investasi emas patut anda pertimbangkan. Investasi ini terbilang aman karena nilai emas tidak terpengaruh lonjakan inflasi. Jadi, andai  terjadi inflasi anda tidak perlu cemas dengan emas yang di simpan.

Logam emas juga mempunyai harga yang rata-rata mengalami kenaikan setiap tahunnya. Meskipun terkadang terdapat periode di mana emas mengalami penurunan harga, akan tetapi hal ini jarang terjadi. Sebaliknya, kenaikan emas berlaku lebih sering bahkan setiap tahun. Jadi logam mulia emas ini sangat sesuai  dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Salah satu kelebihan investasi emas ini ialah risiko kerugiannya rendah. Hal ini sebab  harga emas tidak diprovokasi oleh gejolak ekonomi seperti inflasi maupun hal eksternal lain. Lain halnya jika anda memilih investasi saham yang risikonya lebih besar sebab harga saham paling  fluktuatif dan ditentukan oleh banyak faktor.

Emas juga adalah investasi yang tak mesti mempunyai  modal besar. Anda dapat  membeli emas dengan dana di bawah satu juta guna 1 gram emas. Jika terdapat dana tambahan, anda dapat meningkatkan emas secara berangsur-angsur. Keuntungan lainnya, Anda bisa  mengonversikan emas ke dalam bentuk  tunai secara cepat dan mudah.

Berinvestasi merupakan kegiatan yang dapat mengamankan kondisi keuangan anda di masa depan. Meski demikian, anda tetap mesti menimbang jenis investasi apa yang paling sesuai  dan menguntungkan untuk dijalankan cocok dan menguntungkan kondisi keuangan  saat ini. Jika mengharapkan investasi yang aman dengan risiko rendah, maka investasi emas ialah pilihan yang tepat.